Monday, February 1, 2010

[ Street Food/ Jajanan Pasar ] Kue Apem Kukus

Ingredients:
150grm gula merah
175ml air kelapa ( * kalau tidak ada...bisa juga di ganti  dgn air buah selasih kalengan )
1 lembar daun pandan
150gram tepung beras
100gram tepung terigu
1/2 sdt ragi instant ( saya pakai 1 sdt )
180ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sdt garam
1 sdt bumbu spekuk (saya ga pakai)
1 sdt baking powder

Bahan taburan (kukus 15enit):
100gram kelapa parut kasar
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan




Directions:
1. Rebus gula merah, air kelapa dan daun pandan sambil diaduk sampai gula larut, Saring. Ukur 225ml air gula dan biarkan hangat.

2. Dalam baskom, masukkan semua bahan kering spt tepung beras, tepung terigu, ragi, baking soda,garam.

3 Tuang sedikit demi sedikit air gula jawa yg masih hangat ke tepung beras sambil di uleni sampai lembut.

4. Setelah masukkan santan sambil dikocok dengan kecepatan rendah selama 15 menit.

5. Diamkan selama 30menit. tutup dgn plastik

6. Panaskan kukusan lalu tuang adonan dalam cetakan kecil yg sdh di panaskan selama 5menit.

7. Kukus selama 30menit diatas api besar sampai matang.( tanda kue matang bisa di lihat dgn terbelahnya bagian tengah kue )

2 comments:

Dian Degen said...

Sus..tfs..nti gw coba sbg gantinya bolkus yg gagal..heehehe

Susy Barrat said...

Dian.. gw yakin bolkus ini pasti pada senyum deh ..asal ikutin petunjuknya ajah.. beberapa kali gw buat selalu mekar..
good luck ya say.. :)