Friday, May 14, 2010

Rempeyek Kacang

Kalau kamu orang yg lahir di Indo.. pasti kenal jenis makanan yg satu ini... (kalo ga kenal ..itu mah kelewatan banget!! )
Sudah lama banget saya pengen makan makanan yg renyah ini. cuma karena dulu ada temen yg jago banget buatnya & rumahnya dekat pula.. jadi ga kepikiran mau belajar buat sama dia..wong kalo pengen tinggal bilang, pasti dibuatin... keliatan banget kan pemalasnya..!!!
Tapi sejak teman saya yg pintar masak rempeyek ini pindah ke State.. saya benar2 lupa akan jenis makanan ini.. hingga beberapa minggu yg lalu saya liat ada resepnya disalah satu contact saya (http://mmamir38.multiply.com/journal/item/556/) yang keliatannya mudah & ga repot kalo ngebuatnya. .. jadi semangat 45 lagi deh untuk buat ni rempeyek..( hiperbola banget!!!)

 # Bahan 
1,5 sdt ketumbar halus
1,5 sdt garam
4 bawang putih ( Crush/cop )
5 daun jeruk
125 tepung beras
50 cc santan
150 cc air
 250 gr Kacang tanah ( potong kasar hingga berukuran kecil)
Minyak untuk menggoreng


Cara buat :
Dalam wadah, masukkan ketumbar halus, garam, bawang putih  & daun jeruk yg sudah di iris tipis2.
masukkan Tepung aduk rata.. Lalu masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk. 
Masukkan air hingga adonan tercampur rata.
Panaskan minyak goreng lalu masukkan sesendok demi sesendok di pinggiran penggorengan.
Masak dengan api kecil hingga rempeyek berwarna ke coklatan
Angkat & letakkan di atas kitchen towel supaya minyaknya terserap  & rempeyek cepat kering
Sajikan ketika dingin, karena rempeyek tidak akan garing di makan jika masih panas.




Wednesday, May 5, 2010

Ratatouille



Aneh memang, saya mengenal jenis masakan Perancis ini ketika masih di San Francisco. Teman baik saya yg tahu bahwa saya bukan penggemar masakan yg ada tomat didalamnya dengan nekat membuat masakan ini. Tentu saja dia menunggu saya menyuapkan sesendok untuk merasakan... Ternyata.... saya suka banget banget..
Setelah beberapa kali melakukan percobaan, akhirnya saya menemukan resep yg sesuai dengan selera kami.
Resepnya gampang sekali kok
Bahan : untuk 4 orang
1 Terong ukuran sedang
1 Paprika ( bellpepper )
1 Zhuchini
1 Bawang Bombay
4 Bawang putih
4 tomat segar ukuran sedang  ( kalau ga ada bisa juga pake tomat kaleng yg sudah di potong kecil2 )
1 sdm tomat paste ( kalau ga ada bisa pakai tomat kechup abc )
Parsley/celedri/ Rosmarry/ Thyme
Garam
Lada
Olive oil secukupnya
Cara buat..
* Tumis bawang bombai dengan minyak olive panas hingga layu/harum, lalu masukkan bawang putih
* Masukkan semua sayuran berikut tomat.
* Masukkan semua Herb
* Taburkan  garam/lada secukupnya. Tutup, masak dgn api sedang selama 30 menit.







Sunday, May 2, 2010

Jajanan Pasar_ Klepon

Jajanan Pasar yang satu ini sangat mudah di buatnya.. hanya perlu sedikit bahan.  Saya tidak buat ukurannya
 karena ini bisa di kira2 sendiri, sesuai keinginan

Tepung beras ketan ( Farine Riz du gluant )
Garam ( 1 sdt )
Air Hangat
Kelapa parut
Gula Jawa

Cara Buat
* Iris tipis2 gula jawa... sisihkan
* Dalam mangkok, masukkan tepung ketan + garam lalu tuang air hangat perlahan2, aduk dgn tangan hingga kalis ( adonan yg bisa untuk di bentuk )
* Bentuk bulat2 lalu lubangi bagian tengahnya & isi dengan gula jawa yg telah di iris sebanyak 1 sdt
* Siapkan panci berisi mendidih lalu masukkan bola2 yg telah di isi & dibentuk kedalam air mendidih.

* Angkat ketika bola2 tsb telah mengambang.
* Siapkan piring, taburi kelapa parut diatasnya lalu masukkan bola2 klepon yg telah matang.
* Sajikan ketika hangat

There was an error in this gadget