Friday, November 25, 2011

Empek _ empek Palembang ala Dee Punto




    • Bahan : ikan mackerel diabil dagingnya (dengan cara di keruk pake garpu, biar sekalian jadi lembut), nah sedapetnya itu ikan coba di taruh di mangkuk tapi jangan di tekan ya, jadi kalo dagingnya ngelebihin makuk ya di ukur setelah mangkuk itu penuh dan di tempatkan di tempat lain, ukur lagi sisanya. Nah sebanyak ikan di dalam makuk itu takaran si tepung tapiokanya juga...jadi ukurannya itu 1:1. Kalo ada filet ikan ya bagus tinggal di cincang aja. Sisihkan.
      Adonan ke 2 : tepung terigu 100gr, di campur dengan 250cc air, kasih garem agak banyak bawang putih yang di press 5 siung, sedikit vetsin (opsional), terus didihkan diatas api sampai mendidih dan mengental seperti lem, angakt dan dinginkan (harus dingin). Kalo sudah dingin campur jadi satu sama adonan ikannya, aduk rata. Udah deh...tinggal di bikin modelnya, kalo mau bikin kapal selam yg meudah , telor ayam di kocok, terus pipihkan adonan mpek2 bikin kaya mangkuk , isi dengan kocokan telur 1/2 dari tingginya tutup rapat. Semua di cemplungin ke air mendidih angkat sampe mpek2 mengapung.

      Kira2 saus cukonya juga butuhresepnya gak Sus??
      Thanks buat invitationnya Sus, ntar kalo ada rejeki gw calling lu ya untuk bermalam di rumah lu...hehehe. Nah lu donk kapan sampe sininya?!

    • Ok kalo gw Sus, gw bikin tuh adonan terigu sama airnya dulu...terus di didinginin dan masuk lemari es dulu, baru bikin adonan si ikannya, jadi begitu adonan ikan jadi masukin deh adonan terigunya..langsung di bentuk dan di rebus.
      Saus cukonya: ini sih semua takaran lu aja yang kira2 ya...karena gw juga sistem kira2 sampe rasanya pas.
      Bahan : gula merah batangan atau brown sugar, asem jawa, bawang putih di geprek aja, rawit di gerus kasar juga, di rebus jadi satu kalo sudah mendidih, saring dari rempah2 (kalo gw sih gak pernah di saring , cuma diambil aja biji2 asemnya), terus didihkan lagi kasih cuka dan ebi bubuk, aduk dan angkat.
      Hidangkan dengan irisan ketimun dan mie (gw pake mie telor kalo ada).
      Udah deh tinggal makan...duuhh..koq jadi pengen makan mpek2 juga nih gw...hahaha, besok cari ikannya aaahhh.
      Met mencoba ya Sus...and have a good sunday.

No comments: