Wednesday, November 25, 2009

COUSCOUS

Buat sebagian orang di negara Maroko/ Algeria, makanan ini cukup poppuler. Makanan yg membutuhkan waktu selama 3 jam dalam pembuatannya memang pantas di tunggu karena selain memiliki ciri khas tersendiri dari masakan lain pada umumnya..ini mungkin juga karena mengunakan bumbu khas seperti safran/ cumin maroko dll..
Week end yg lalu anak sulung saya meminta jenis makanan ini dengan tiba2.. karena ga ada persiapan bahan2nya..jadilah cara instan yg saya pakai. Apalagi kalau bukan makanan beku siap pakai. ternyata hasilnya mengecewakan. tapi anak2 ( namanya juga anak2 ya.. mana ngerti juga makanan enak..hehhehe )tetap saja makan dengan antusias. mungkin mereka sudah senang karena mendapatkan apa yg mereka mau.
Besok nya saya liat buka buku resep, nemu resep yg keliatannya simple (  saya selalu memasak makanan yg gampang dibuat ). untuk pembuatannya saya menggunakan cara saya sendiri.. yg seharusnya daging kambingnya di rebus selama 2 jam berikut bumbunya.. tapi malah saya tumis dulu dgn bawang bombay hingga si daging berubah kecoklatan barulah saya masukkan air untuk membuat empuk si daging. pokoknya cara masaknya saya buat se simple mungkin. Hasilnya tidak mengecewakan!!!..suami nambah 2x ( ini suka apa kelaparan ya??..hihihih) sedangkan anak2 juga  makan daging berikut kuah dan  sayur-sayurannya.. pokoknya judulnya sukses!



Ingredients :
500 gr Young lamb (agnew)
500 gr chicken leg/breast
300 gr Marguest (optional)
2 Radis
2 Onion
2 Carrote
2 Zuchini
2 Garlic
Couscous spice
70cl tomato paste
2 tomattoes
1 ltr of watter
25 gr dried raisin
25 gr green been
5 Tbsp olive oil
Semoule ( 1 glass of semoule = 1 glass of watter = 2 porsion )
30 gr butter

Direction :
reheat the olive oil in pan, add the onions ( cut in thin slice !) add the lamb , chicken, make them a bit brownies, add salt + papper + tomatoes paste + 1 littre watter. cook 'till 1h30 minute.
after 1h30 minute, Add carrote + Radis, add tomattoes & zhuchini.
in small bowl with hot watter add the green been & raisin..drain & put in the big pan.
cover the pan & reduce the fire till about 3 hr duration since started the cooking.
Semoule ( wheat grain )
in medium bowl.. pour hot watter + salt, add the semoule. covered with fabric about 5 minutes. after five minutes mixed with fork.
in frying pan.. add butter + semoule..cook about 5 minute.
tips.. usually they mixed the semoule & the vegie/meat in big bowl.. it just depend on what do you like.
bon appetit!!!


1 comment:

Food and story said...

mak...itu sudah cakep blog nya :). trus orangnya juga