Monday, December 7, 2009

Jajanan Pasar yang makin Langka di temui_ Serimuka

Dulu sewaktu saya kecil, setiap jam 4-5 sore, saya selalu mendapati pisang goreng, bakwan goreng hangat di meja makan. Sekarang baru terpikir oleh saya bahwa tersedianya makanan hangat & lezat tersebut tanpa perlu susah payah merupakan suatu kemewahan tersendiri.
Semenjak tinggal jauh dari kampung halaman, seringkali saya merasa kangen dengan jajanan (cemilan)sore hari tsb. Disini tidak dengan mudah mendapati makanan yg kita inginkan. Demi memenuhi keinginan dan rasa kangen akan makanan/jajanan pasar tsb, membuat saya belajar untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya. It's kind of chalanges ( consider not all the ingredients are available sometime even have to adjust or subtitude with something similar)

Ingredients :
240gr Beras ketan ( saya memakai gelas ukur beras )
240gr santan

120 gr gula
2 telur
2 tbsp tepung terigu
160gr santan
garam secukupnya

Cara Buat :
Tanak beras ketan dgn santan hingga 3/4 matang

Siapkan panci kukusan yg telah diisi dgn air mendidih, lalu masukkan beras ketan yg 3/4 dalam panci stainless steel yg telah di lumuri dgn minyak sayur supaya tidak lengket ( seperti menanak nasi/ untuk mematangkan beras yg 3/4 masak tadi)

aduk gula + telur dgn mixer kecepatan sedang. masukkan tepung , garam sejumput dan santan. tambahkan pandan paste untuk warna & wangi (optional)

tekan2 beras ketan dalam kukusan supaya padat , lalu tuangkan adonan gula + telur diatasnya.

Tutup panci dilapisi dgn kain supaya air embun tidak menetes kedalam loyang stainless steel.

masak kira2 20 menit



No comments: