Saturday, November 27, 2010

Sop Buntut / Oxtail

 Awal kenal dengan jenis makanan sop Buntut ini  bermula dari dengar berita burung yg bilang bahwa sop buntut di hotel Borobudur ga ada yg nandingin.. kalau ga salah jaman itu masa sma & Diskotik Musro lagi hot2nya .. Berhubung saat itu saya masih sekolah..otomatis lah ga punya duit untuk ke resto sendiri.. jadi pas tante saya menawarkan untuk ikut ketemuan dgn teman sekolahnya di hotel Borobudur.. saya dgn sigap bilang mau banget. Kebetulan pula undangannya untuk makan malam, Perfect banget kan tuh!!..Nah, disitu lah saya merasakan sop buntutnya hotel Borobudur yg terkenal itu.
Ternyata rumor tersebut memang benar adanya.. susah untuk menggambarkannya tapi yg pasti rasanya lezat dan membuat anda  tidak akan melupakan begitu saja makanan yang baru anda makan.
Rasanya mulai sejak saat itu saya selalu menyukai sop buntut. Sejak mulai bisa memasak..saya mencoba membuat sop buntut yg enak, lezat tapi ga susah diingat resepnya. 
so here is the ingredient of my SOP BUNTUT


Bahan :
Buntut Sapi muda
1 Stalk Celery
3 pcs clove ( cengkeh )
2 Wortel
1 big Tomat
3 garlic
1 Onion ( bawang bombay )
1 cube Bouillon ( beef or chicken Broth )
2 ltr watter
1 tbs vegie oil 
Salt / Pepper
* kapulaga ( optional )

Cara buat :
panaskan minyak, masukkan irisan  bawang bombay tunggu hingga layu lalu masukkan bawang putih... angkat & sisihkan sebentar sebelum dimasukkan ke dalam panci daging.
Didihkan air, lalu masukkan daging Buntut kedalamnya..
Cut in dice the Cellery stalk lalu masukkan ke dalam panci rebusan daging buntut
Cut the tomat in 4.. masukkan ke dalam panci rebusan daging buntut
massukkan bouillon ke dalam rebusan.
Setelah rebusan berada di atas api selama 1 jam.. masukkan Wortel yg sudah di potong.
kecilkan api & masak sekitar 2.5 jam lagi. tergantung ke lembutan dagingnya..semakin lama di masak daging akan lebih empuk.






No comments: