Sunday, March 6, 2011

Martabak Manis / Terang Bulan

Martabak Manis / Terang Bulan

Buat yg gak punya wajan martabak kayak saya, gak perlu ragu deh buat nyoba bikin martabak.
Bisa kok pake wajan teflon biasa.
Hasil martabaknya enak, dan tetap empuk sampai besok (asal dimasukkan ke dlm container tertutup ya)

Bahan:
500 gr terigu
50 gr gula pasir
2 sdt fermipan
1/2 sdt baking powder
1 sdt garam
1 sdm susu bubuk
500 ml air (kurleb)

2 btr telur, kocok lepas
1/2 sdt soda kue

Margarine, utk olesan

Isiannya:
Gula pasir
Susu kental manis
Kacang tanah, sangrai, cincang kasar
Meises
Keju

Cara membuat:
Campur air dgn gula pasir, fermipan, baking powder, garam dan susu bubuk hingga rata.
Kemudian tuang sedikit demi sedikit kedlm tepung, sambil diaduk hingga menjadi adonan yg halus.
(Hasil adonan agak kental)
Biarkan selama 30 mnt/1 jam hingga adonan mengembang 2x.
Campur telur yg telah dikocok lepas dgn soda kue, kemudian tuang ke dlm adonan tepung yg telah mengembang. Aduk rata.
Sementara itu panaskan wajan teflon dgn api kecil.
Olesi wajan dgn margarin (bila terdengar bunyi cesss berarti wajan sdh cukup panas).
Lap wajan, kemudian tuang adonan.
Biarkan sampai adonan berongga, kemudian baru tutup.
Bila telah matang, olesi permukannya dgn margarin, taburi gula pasir, susu kental manis, kacang, meises. Lipat 2, olesi permukaan luarnya dgn margarin.
Hidangkan hangat2.

Note:
Wajan yg benar2 panas sangat mempengaruhi martabak yg dihasilkan.
Ini belum pernah saya praktekan, tapi siapa tahu ada yg mau mencoba,
karena katanya bisa menghasilkan martabak yg pori2nya bener2 kyk martabak yg dijual si abang2:
Letakkan loyang (atau wadah apa aja deh) yg berisi pasir di atas kompor, baru letakkan wajan teflonnya.
(Sumber inf: Atina, NCC)



sumber dari : http://www.pbase.com/archiaston/image/73753317
Panasonic DMC-FZ10
1/30s f/2.8 at 6.0mm iso200 full exif

No comments:

There was an error in this gadget